Sabtu, 24 September 2011

Virus Biologi

wah baru baru ini gue disuruh tuh buat presentasi virus biologi
kira kira isi nya kayak gini nih


Virus
Definisi
Virus adalah parasit berukuran mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus bersifat parasit obligat, hal tersebut disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material hidup dengan menginvasi dan memanfaatkan sel makhluk hidup karena virus tidak memiliki perlengkapan selular untuk bereproduksi sendiri. Biasanya virus mengandung sejumlah kecil asam nukleat (DNA atau RNA, tetapi tidak kombinasi keduanya) yang diselubungi semacam bahan pelindung yang terdiri atas protein, lipid, glikoprotein, atau kombinasi ketiganya. Genom virus akan diekspresikan menjadi baik protein yang digunakan untuk memuat bahan genetik maupun protein yang dibutuhkan dalam daur hidupnya
Sejarah Penemuan Virus
Penelitian mengenai virus dimulai dengan penelitian mengenai penyakit mosaik yang menghambat pertumbuhan tanaman tembakau dan membuat daun tanaman tersebut memiliki bercak-bercak. Pada tahun 1883, Adolf Mayer, seorang ilmuwan Jerman, menemukan bahwa penyakit tersebut dapat menular ketika tanaman yang ia teliti menjadi sakit setelah disemprot dengan getah tanaman yang sakit. Karena tidak berhasil menemukan mikroba di getah tanaman tersebut, Mayer menyimpulkan bahwa penyakit tersebut disebabkan oleh bakteri yang lebih kecil dari biasanya dan tidak dapat dilihat dengan mikroskop.
Lanjutan
Pada tahun 1892, Dimitri Ivanowsky dari Rusia menemukan bahwa getah daun tembakau yang sudah disaring dengan penyaring bakteri masih dapat menimbulkan penyakit mosaik. Ivanowsky lalu menyimpulkan dua kemungkinan, yaitu bahwa bakteri penyebab penyakit tersebut berbentuk sangat kecil sehingga masih dapat melewati saringan, atau bakteri tersebut mengeluarkan toksin yang dapat menembus saringan. Kemungkinan kedua ini dibuang pada tahun 1897 setelah Martinus Beijerinck dari Belanda menemukan bahwa agen infeksi di dalam getah yang sudah disaring tersebut dapat bereproduksi karena kemampuannya menimbulkan penyakit tidak berkurang setelah beberapa kali ditransfer antartanaman.[1] Patogen mosaik tembakau disimpulkan sebagai bukan bakteri, melainkan merupakan contagium vivum fluidum, yaitu sejenis cairan hidup pembawa penyakit.
Lanjutan
Setelah itu, pada tahun 1898, Loeffler dan Frosch melaporkan bahwa penyebab penyakit mulut dan kaki sapi dapat melewati filter yang tidak dapat dilewati bakteri. Namun demikian, mereka menyimpulkan bahwa patogennya adalah bakteri yang sangat kecil.

Pendapat Beijerinck baru terbukti pada tahun 1935, setelah Wendell Meredith Stanley dari Amerika Serikat berhasil mengkristalkan partikel penyebab penyakit mosaik yang kini dikenal sebagai virus mosaik tembakau.Virus ini juga merupakan virus yang pertama kali divisualisasikan dengan mikroskop elektron pada tahun 1939 oleh ilmuwan Jerman G.A. Kausche, E. Pfankuch, dan H. Ruska.
Struktur dan anatomi virus
Contoh struktur tubuh virus dapat dilihat pada virus T. Virus ini adalah virus yang menginvasi bakteri. Virus T disebut juga bakteriofag atau virus pemakan bakteri. Struktur virus ini terdiri atas kepala, kulit, isi, dan serabut ekor.
1. Kepala
Bagian kepala virus ini berisi asam nuklead atau DNA yang dilapisi selubung protein atau kapsid. Bentuk kepala virus ini seperti bangun persegi delapan.
2. Isi Tubuh
Tubuh virus berisi materi genetik yang mengandung DNA atau RNA.
3. Ekor
Ekor virus memiliki kaki-kaki berbentuk serabut. Serabut-serabut ini akan menancap pada sel saat menyerang atau menginvasi inangnya. Ekor virus ini diselubungi kapsid yang berisi protein.
Ciri-Ciri Virus
  1. Ukuran virus sangat kecil, berkisar antara 9-200 nano meter. Karena ukurannya yang sangat kecil, virus hanya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop.
  2. Virus hanya memiliki satu jenis genetik.
  3. Berkembang biak pada sel hidup yang diinvasinya.
  4. Virus tidak dapat membelah diri dengan jumlah biner.
Sistem Reproduksi Virus
Virus dapat berkembang biak dengan menempel dan merusak sel inang yang diserangnya. Ada beberapa cara virus menginvasi sel hidup atau sel inang yang diserangnya, yaitu daur litik dan daur lisogenik.
Daur Litik
Berikut fase-fase pada daur ini:
a)      Fase adsorpsi
Fase ini adalah fase melekatnya virus pada membran plasma bakteri
b)      Fase penetrasi/injeksi
Fase ini adalah fase virus merusak membran plasma bakteri dengan enzim lisozim yang dipunyanya.Kemudian setelah membran tersebut terhidrolisis/rusak barulah virus memasukan DNA/RNAnya kedalam tubuh inang
c)       Fase sintesis
Fase dimana terjadinya membentukan DNA/RNA baru virus oleh DNA dan RNA bakteri
Lanjutan
a)      Fase replikasi
Fase ini fase dimana terjadinya pembentukan selubung protein/kapsid
b)      Fase Perakitan
Fase ini terjadi perakitan fag-fag baru
c)       Fase pembebasan
Setelah sejumlah fag-fag baru terbentuk kemudian membran plasma bakteri pecah dan virus-virus tersebut keluar kemudian berpencar dan menginfeksi organisme lainya.
Daur Lisogenik
Daur ini terdapat beberapa fase yakni:
a)      Fase Adsorpsi
Pada fase ini terjadi pelekatan virus pada membran plasma bakteri
b)      Fase Penetrasi/injeksi
Fase pemasukan DNA/RNA virus pada bakteri
c)       Fase Penggabungan
Pada fase ini DNA/RNA virus bergabung dengan DNA dan RNA bakteri
d)      Fase Replikasi
Pada fase ini terjadi pembentukan kapsid/selubung protein virus
Lanjutan
Setelah fase replikasi diatas berarti daur lisogenik telah selesai kemudian dilanjutkan ke fase-fase yang terdapat pada daur litik seperti:
       Fase Perakitan
Kemudian pada fase ini terjadi perakitan fag-fag baru yang sudah sempurna
       Fase pembebasan
Fase ini adalah fase lisisnya membran bakteri dan keluarnya fag-fag baru yang
telah terbentuk ke udara.
Klasifikasi Virus
Berdasarkan tipe asam nukleatnya:
  1. Virus Tipe I = DNA rantai Ganda
  2. Virus Tipe II = DNA rantai Tunggal
  3. Virus Tipe III = RNA rantai Ganda
  4. Virus Tipe IV = RNA rantai Tunggal (+)
  5. Virus Tipe V = RNA rantai Tunggal (-)
  6. Virus Tipe VI = RNA rantai Tunggal (+) dengan DNA perantara
  7. Virus Tipe VII = DNA rantai Ganda dengan RNA perantara
 nih linksnya utk wordnya klik disini
nih utk power point klik di sini 
pass= dR4g0Nthio.blogspot.com
 

2 komentar:

Emelia mengatakan...

asik tuh
makasih ya
udah share

Unknown mengatakan...

sama-sama

Posting Komentar